Jurnal Jeumpa
Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Jeumpa (In Progress)

Urgensi Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Komputasional Bertema Biologi bagi Siswa Madrasah Aliyah

Ariani, Dina (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)
Almukarramah, Almukarramah (Unknown)
Firmansyah, Juli (Unknown)
Khalil, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Upaya yang diperlukan untuk mencapai pendidikan optimal di Era Revolusi Industri 4.0 adalah dengan mengembangkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir komputasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengetahui urgensi pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir komputasional bagi Siswa MAS Darul Ihsan pada mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian ini adalah tiga guru Biologi yang ada di MAS Darul Ihsan. Tahapan penelitian meliputi pengambilan data melalui kuesioner, analisis data, dan kesimpulan. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data melalui kuesioner, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% guru cukup mengetahui tentang keterampilan berpikir komputasional, dan 70% guru kurang mengetahui tentang indikator keterampilan berpikir komputasional. Namun sebanyak 58% guru sudah menerapkan soal dekomposisi, 52% sudah menerapkan soal pengenalan pola, 70% sudah menerapkan soal abstraksi, dan 70% sudah menerapkan soal algoritma. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya keterampilan berpikir komputasional dalam pembelajaran biologi, sehingga perlu dikembangkan instrumen tes untuk mengukur keterampilan tersebut pada siswa di sekolah. Kata Kunci: Berpikir Komputasi, Biologi, Siswa, Madrasah Aliyah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...