JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol 17, No 1 (2024): Maret

Model moving class, kompetensi pedagogik, motivasi dan disiplin belajar berbasis SEM-PLS

Lasaiba, Mohammad Amin (Unknown)
Lasaiba, Irvan (Unknown)
Man Arfa, Arman (Unknown)
Lasaiba, Djamila (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji model moving class, kompetensi pedagogik guru, motivasi dan disiplin belajar dengan penggunaan Structural Equation Model (SEM) berbasis aplikasi SmartPLS. Lokasi dalam penelitian ini pada SMA 13 Ambon dengan sampel yang diambil secara random sampling dengan penggunaan angket sebanyak 41 siswa. Hasil yang diperoleh bahwa sebaran data dari nilai SLF 0,5 sedangkan Nilai CR serta VE 0,7. Nilai ini menunjukkan indikasi instrumen valid dan reliabel. Model hubungan antar variabel menunjukan model dikatakan baik berdasarkan nilai Q Square yang memiliki predictive relevance nol, yaitu 0,321. Sedangkan untuk analisis SEM dengan t-tabel dan p-value 0,05, sedangkan nilai R-square test dan path coefficient menunjukkan pengaruh nyata dan cukup signifikan. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran moving class dan kompetensi pedagogik dari guru berpengaruh terhadap motivasi dan kedisiplinan siswa

Copyrights © 2024