PRISMA
Vol 12, No 2 (2023): PRISMA

Identifikasi Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Numerasi

Rahmawati, Rofiqo (Unknown)
Wardono, Wardono (Unknown)
Mulyono, Mulyono (Unknown)
Walid, Walid (Unknown)
Sugiman, Sugiman (Unknown)
Pujiastuti, Emi (Unknown)
Kharisudin, Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam memiliki kecakapan global menjadi tantangan pendidikan pada abad 21. Numerasi menjadi salah satu kecakapan global yang perlu dikembangkan karena berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengkajian literatur tentang pembelajaran tematik terhadap kemampuan numerasi dari tahun 2019-2023 yang berfokus pada: (1) jenis penelitian; (2) model atau metode pembelajaran; dan (3) trend penelitian yang digunakan dalam pembelajaran tematik terhadap numerasi. Systematic Literature Review (SLR) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan mereview artikel tentang numerasi dalam pembelajaran tematik yang diterbitkan dalam rentang tahun 2019-2023 dengan menggunakan teknik analisis data, deskriptif dan tematik. Berdasarkan kata kunci yang relevan dari Google Scholar, diperoleh 9 artikel yang terdiri dari 7 artikel jurnal dan 2 artikel proceeding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan numerasi dalam pembelajaran tematik membutuhkan kreativitas seorang guru dan penelitian semacam ini paling banyak telah dilakukan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Oleh karena itu, penelitian terkait pembelajaran tematik terhadap kemampuan numerasi melalui model pembelajaran masih relevan untuk dilaksanakan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...