Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis validitas media video pembelajaran, menganalisis kepraktisan media video pembelajaran pada mata pelajaran administrasi infrastruktur Jaringan dan menganalisis efektivitas penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD). Subjek penelitian adalah siswa SMK N 7 Surabaya kelas XI yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan pengembangan ADDIE Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study Posstest menggunakan satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas video pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi kelyakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 86,3%, Kualitas video pembelajaran berdasarkan aspek kepraktisan termasuk dalam kategori sangat praktis. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor hasil respon siswa sebesar 88% dan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan video pembelajaran bebrbasis project based learning adalah 83,60 dan dapat dijelaskan sebagai berikut : dengan rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar dari KKM, sehingga media pembelajaran ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024