JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 11 No 3 (2024)

MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PROFESSIONAL CAPITAL: TANTANGAN DAN PELUANG

Rahmaningtyas, Wisudani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu investasi modal manusia yang menjadi predictor kuat dan krusial dalam pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian literature terkait dengan peluang dan tantangan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui professional capital (guru sebagai pendidik professional). Metode atau pendekatan penelitian menggunakan literature review yang didasarkan pada pencarian dan analisis artikel ilmiah, buku, dan publikasi lain yang relevan dengan topik human capital investment khususnya dalam aspek pendidikan, economics growth, dan sustainability development. Pencarian dilakukan melalui basis data akademik secara elektronik melalui beberapa publisher seperti Google Scholar, Emerald, ScienceDirect, Elsevier, dan ResearchGate dengan menggunakan kata kunci seperti "human capital investment," "professional capital," "education," "quality of educators," dan "economic growth.". Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa pendidikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Tantangan investasi pendidikan di Indonesia lebih terkait dengan aspek pendanaan dan sarana prasarana serta hambatan budaya (berhubungan dengan sikap mental, norma dan seperangkat system nilai yang dianut dan dimiliki masyarakat khususnya para pelaku pendidikan). Lebih lanjut peluang Indonesia dalam inventasi pendidikan yaitu adanya program mentor dan mentee yang mendorong guru untuk lebih mudah dalam pengembangan keprofesian melalui mentoring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...