Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah
Vol. 8 No. 2 (2023): Juli-Desember

Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Prinsip dan Urgensi Penerapannya di Madrasah Ibtidaiyah

Danuwara, Prima (Unknown)
Maghribi, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah jenjang pendidikan dasar di mana pada tingkat ini, pembelajaran harusnya mulai mengajarkan peserta didik untuk berfikir atif, kreatif, kritis, agar terlatih sejak dini untuk menerapkan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari mereka. Terlebih pada pelajaran Akidah Akhlak, di mana arah pencapaian dari pembelajaran ini bukanlah sekedar memahami teori-teori dalam hal keimanan dan perilaku, tetapi sampai pada siswa dapat menerapkan perilaku baik sebagai kebiasaan yang mereka laksanakan sehari-hari. Para guru akidah akhlak di tingkat MI membutuhkan panduan bagaimana menerapkan sebuah strategi atau metode pembelajaran aktif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sukses. Tujuan penelitian ini adalah menghadirkan pembahasan tentang bagaimana prinsip dan urgensi penerapan strategi active learning dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa di tingkat MI. Metode penelitian adalah library-research, di mana data penelitian diambil dari sumber dari buku dan artikel ilmiah berasal dari internet yang relevan dengan pembahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran akidah akhlak dengan strategi active learning bertujuan agar peserta didik lebih aktif, menarik dan menggembirakan untuk menarik minat belajar. Pembelajaran active learning dapat menggunakan prinsip dasar metode berbicara dan mendengar, membaca, menulis dan refleksi pada diri peserta didik. Strategi ini urgen untuk diterapkan karena dapat mengajak peserta didik menjadi pribadi yang kreatif dalam mengkontekstualkan materi yang diterima dengan keadaan sekitar. Dalam konteks pembelajaran akidah akhlak akan memberikan pengalaman kepada peserta didik agar siap menghadapi dan menjawab permasalahan-permasalahan yang muncul pada zaman yang terus berkembang dengan menjadi pribadi yang santun, beradab, bermoral dan memiliki keimanan dan ketqwaan kepada Allah SWT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STIT Ibnu Sina Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, baik dalam versi cetak maupun online. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada Pendidikan Islam secara umum, dengan topik dan scope kajian: Pendidikan Agama ...