Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar tematik siswa yaitu dari 10 siswa yang tuntas berjumlah 3 siswa (30%) dan 7 siswa 70%) tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik dengan penggunaan media pembelajaran teka-teki silang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan dan dua kali evaluasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III UPTD SD Negeri 82 Barru sebanyak 10 orang siswa. Tindakan ini dilakukan pada bulan Juni 2023. Hasil belajar Tematik diperoleh dari data awal dengan rata-rata 63 berkategori sedang dengan ketuntasan minimal 75. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 72 dengan kategori baik, dan pada siklus II hasil belajar meningkat kembali menjadi 82 berkategori sangat baik. Hasil penelitian pada siklus pertama, siswa pada saat proses pembelajaran kurang memahami cara mengisi teka-teki silang sehingga sulit menerapkannya. Tetapi pada siklus kedua, media teka-teki silang sudah dapat diterapkan secara maksimal. Ini ditandai dengan banyaknya siswa yang tuntas dalam pelajaran tematik ini. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran teka-teki silang telah berhasil diterapkan secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar Tematik dikelas III UPTD SD Negeri 82 Barru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024