Global Journal Basic Education
Vol 3 No 1 (2024): Februari

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 55 PAMMANJENGAN

Karim, Nurul Inzani (Unknown)
amrah, amrah (Unknown)
Rahmah, Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 55 Pammanjengan dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 55 Pammanjengan dengan jumlah subyek sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning padasiswa kelas V SDN 55 Pammanjengan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V SDN 55 Pammanjengan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...