Global Journal Basic Education
Vol 3 No 1 (2024): Februari

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Di SD Negeri 7 Letta

Furqani, Utari Nurul (Unknown)
Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah (PBL) dengan menggunakan media Canva serta mengamati dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 7 Letta. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Partisipan penelitian melibatkan 20 siswa kelas II di SD Negeri 7 Letta. Selama penelitian, penerapan model pembelajaran PBL dengan media presentasi Canva diamati, dan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL menggunakan media presentasi Canva memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan variasi model pembelajaran, siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman terhadap materi, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. enelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengintegrasikan Model Pembelajaran PBL dengan media presentasi Canva sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik, memotivasi siswa, dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...