Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Inpres 6/80 Lattekko Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone pada bulan Mei 2023 pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SD Inpres 6/80 Lattekko yang mempunyai jumlah siswa sebanyak 10 orang, laki-laki 2 orang dan perempuan 8 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V UPT SD Inpres 6/80 Lattekko. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menunjukkan bahwa hanya 3 siswa (30%) yang mencapai kesempurnaan pada tes pertama, dengan nilai rata-rata 58,67. Pada Siklus I terdapat 6 siswa (60%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,5 dan nilai observasi 75,50. Pada siklus II diperoleh 8 siswa (80%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,67 dan nilai observasi 87,50. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024