Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III UPT SD INPRES 12/79 ARASOE

Halvina, Andi (Unknown)
Pada, Amir (Unknown)
., Hamring (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa kelas III di UPT SD Inpres 12/79 Arasoe.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di UPT SD Inpres 12/79 Arasoe. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang, dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA di kelas III UPT SD Inpres 12/79 Arasoe pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 80,27. Selanjutnya dari 22 orang siswa hanya 14 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 63,64%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,68 dari 22 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SD Inpres 12/79 Arasoe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...