Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) apakah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 137 Cendana Putih IV dapat diupayakan melalui discovey learning. b) mengetahui bagaimanakah langkah - langkah Discovery Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah spiral dari C. Kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing – masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 137 Cendana Putih IV sebanyak 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika kelas 1 dapat diupayakan melalui Discovery Learning yang terbukti. Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika berdasarkan persentase ketuntasan siklus I dan siklus II yaitu 40,90 %: 81,82%. Hasil belajar berdasarkan skor minimal siklus I dan siklus II sebesar 30 : 60. Hasil belajar berdasarkan skor maksimal siklus I dan siklus II sebesar 90 :100. Hasil belajar berdasarkan skor rata-rata dari siklus I dan siklus II yaitu 67,73 : 90,45. PTK ini dikatakan berhasil, yang ditampilkan oleh sebagian besar persentase siswa yang mencapai hasil belajar pada materi menghitung, membaca, dan menulis bilangan dikatakan tuntas dengan KKM = 75.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024