Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES 10/73 WATANG PALAKKA

Rahma, Rahma (Unknown)
musfirah, musfirah (Unknown)
srimarjayanti, srimarjayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 3 SD Inpres 10/73 Watang Palakka ”. Penelitian ini bertujuan untuk “meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered head together ( NHT ) siswa kelas 3”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 3a. Faktor-faktor yang diteliti adalah siswa, guru dan proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa maka yang perlu diperhatikan adalah aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan melihat keterampilan siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru, serta pencapaian hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model cooperative learning tipe numbered head together ( NHT ) dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas 3a SD Inpres 10/73 Watang Palakka Sulawesi Selatan yang dilihat dari hasil penilaian observasi pada setiap siklusnya. Hasil analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together ( NHT ) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together ( NHT ) perlu dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...