Global Journal Basic Education
Vol 2 No 4 (2023): November

HUBUNGAN ANTARA PERAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DENGAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V DI UPTD SDN 40 JENETAESA

Pada, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran pendampingan orang tua siswa kelas V di UPTD SDN 40 Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, untuk mengetahui gambaran keefektifan belajar siswa kelas V di UPTD SDN 40 Jenetaesa Kecamatan Simbang kabupaten Maros, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara peran pendampingan orang tua dengan keefektifan belajar siswa kelas V di UPTD SDN 40 Jenetaesa Kecamatan Simbang kabupaten Maros. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di UPTD SDN 40 Jenetaesa sebanyak 162 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas V di UPTD SDN 40 Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linearitas) dan pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendampingan orang tua siswa berada dalam kategori sedang. Keefektifan belajar siswa berada dalam kategori sedang. Uji hipotesis menunjukkan harga “r” hitung yang diperoleh lebih besar dari “r” tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Peran Pendampingan Orang Tua Dengan Keefektifan Belajar Siswa Kelas V Di UPTD SDN 40 Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...