Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Nilai Dalam Hikayat Siswa Kelas X SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis cerpen berdasarkan nilai dalam hikayat siswa kelas X SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar tanpa menggunakan model Cooperative Integrated reading and composition (CIRC) memperoleh nilai 79,17 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi lebih dari baik. Kedua, kemampuan menulis cerpen berdasarkan nilai dalam hikayat siswa kelas x SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah datar dengan menggunakan model CIRC memperoleh nilai 84,17 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat pengaruh penggunaan model CIRC terhadap kemampuan menulis cerpen berdasarkan nilai dalam hikayat siswa kelas X SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar karena karena thitung > ttabel yaitu (5,21 >1,68), maka H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen berdasarkan nilai dalam hikayat siswa kelas X SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024