Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa tinggi literasi numerasi aspek konteks indikator saintifik peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar, 2) seberapa tinggi literasi numerasi aspek level kognitif indikator pengetahuan peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar, 3) ada tidaknya hubungan literasi numerasi pada aspek level kognitif indikator pengetahuan dengan aspek konteks indikator saintifik peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian adalah 35 peserta didik. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 8 butir. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian tes secara langsung di sekolah. Data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi pearson dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) literasi numerasi aspek konteks indikator saintifik peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar berada pada kategori 66,43. 2) literasi numerasi aspek level kognitif indikator pengetahuan peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar berada pada kategori tinggi yaitu 66,57. 3) Hasil penelitian yang diperoleh adalah r hitung > r tabel atau 0,610 > 0,334 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara aspek level kognitif indikator pengetahuan dengan aspek konteks indikator saintifik peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yaitu 0,610 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2023