Model pembelajaran tipe MASTER adalah salah satu model pembelajaran accelerated learning yang mengajarkan siswa untuk memahami bagaimana cara belajar dan cara berpikir kritis dan komprehensif dengan menggunakan langkah yaitu mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebenarnya (true experimental). Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII namun karena keterbatasan kondisi dan waktu maka sampel yang digunakan hanya kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Sesuai dengan analisis data yang berdasarkan dari perhitungan uji t pada taraf sig. 0,05 (5%) dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar antara kelas eksperimen (kelas VIII A) dan kelas kontrol (kelas VIII B). Perhitungan menunjukkan nilai thitung adalah 2,065 > t tabel 2,00758 yang artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap tingkat hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Selain itu, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER) yang menunjukkan nilai sebesar 38,57 % yang artinya bahwa pencapaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran accelerated learning 38,57 % lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024