Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dugaan lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory) yang dapat membantu siswa memahami konsep jarak dimensi tiga menggunakan software Geogebra 3D. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation study. Pendekatan STEM dengan konteks sains. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII SMA Sriwijaya Negara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, membuat rekaman video tentang aktivitas kerja kelompok, mengumpulkan hasil kerja siswa, memberikan tes awal dan tes akhir, dan mewawancarai siswa. Data dianalisis secara restropektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat membantu siswa dalam memahami konsep jarak dimensi tiga, yaitu memahami konsep jarak titik ke titik sebagai langkah awal pemahaman konsep phytagoras, menemukan makna dari jarak titik ke garis dengan proyeksi berbantu software Geogebra 3D, membuat sketsa yang memuat di dalamnya posisi titik, garis, dan bidang berbantu software Geogebra 3D. Penggunaan fitur Augmented Reality (AR) yang terdapat pada software Geogebra 3D dalam pembelajaran jarak dimensi tiga dengan pendekatan STEM dapat membantu siswa memahami konsep jarak dimensi tiga serta dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2022