Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Untuk mendukung itu, diperlukan media yang dapat digunakan salah satunya menggunakan e-LKPD. Dukungan lain yaitu diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya menggunakan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-LKPD memenuhi kriteria valid, praktis dan layak digunakan. Metode penelitian deskriptif-kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Busana di SMK Muhammadiyah Ponjong dengan teknik purposive sampling. Angket digunakan untuk mengumpulkan data. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil menunjukkan total rata-rata validasi terhadap pengembangan e-LKPD adalah 4,59 dengan kriteria sangat valid. Hasil respon peserta didik diperoleh rata-rata skor 4,54 dengan kriteria praktis. Ada peningkatan antara nilai pre-test dan post-test dengan perbedaan rata-rata 16,60. Sehingga pengembangan e-LKPD berbasis PBL terintegrasi pemecahan masalah matematika di SMK Muhammadiyah Ponjong memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif memecahkan masalah.
Copyrights © 2023