Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 10 No 2 (2023): Juli-Desember 2023

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan

Fitriyani, Desi (Unknown)
Saefurrohman, Asep (Unknown)
Mansur, Mansur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ni adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas II dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomologi, adapun subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas, dan peserta didik kelas II di SDN Carenang II menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa untuk kesulitan belajar siswa untuk materi penjumlahan dan pengurangan meliputi 1) Belum menguasai prosedur penjumlahan pengurangan bilangan dengan cara menyimpan; 2) Kesulitan memaknai soal cerita; 3) Kekurang telitian dalam mengerjakan soal. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas II di SD Negeri Carenang I materi penjumlahan dan pengurangan ni yaitu Faktor nternal dan faktor eksternal. Faktor nternal yang meliputi bakat, hiperaktif dan siswa belum memahami materi. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, fasilitas belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...