JEC (Jurnal Edukasi Cendekia)
Vol. 4 No. 2 (2020): Agustus

PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Bukhari, Bukhari (Unknown)
Roy, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanImenulis siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia paragraf deskripsi melalui pendekatan pembelajaran holistik siswa kelas V SD Negeri 1 Soloy Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri 6 tahap yaitu Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Soloy Agung yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menujukkan terjadi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa, yakni hasil tes siklus I ada 8 (61%) 5 (39%). Keterampilan menulis paragraph deskripis siswa siklus II 11 (84%) dan 2 (16%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran holistik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dari siklus I dan siklus II.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian ...