Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2024): April 2024

Integrasi Strategi Writing to Learn pada Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMK pada Mata Pelajaran IPAS

Rahmawati, Galuh (Unknown)
Sinaga, Parlindungan (Unknown)
Aminudin, Ahmad (Unknown)
Hidayat, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif pendidikan yang menekankan pada pembelajaran kontekstual dan berbasis pengembangan ketrampilan peserta didik. Pada proses pembelajaran diharapkan mampu memberikan gambaran terkait pengembangan ketrampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi integrasi strategi Writing to Learn dalam meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan komunikasi siswa SMK. Penelitian menggunakan desain sampel berjumlah 33 siswa kelas X SMK yang dibagi menjadi 4 Kelompok untuk mengetahui peningkatan ketrampilan komunikasi siswa. Instrumen yang digunakan adalah 10 soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan konsep siswa, sedangkan instrument untuk ketrampilan menulis menggunakan LKPD dengan model Problem Based Learning. Siswa dituntun untuk mengembangkan ide berdasarkan masalah yang didesain pada LKPD. Teknik analisa data yang dilakukan menggunakan perhitungan N-gain. Hasil perhitungan diperoleh perhitungan sebesar <g> peningkatan pengetahuan konsep 0,54 dengan kategori sedang, perhitungan <g> pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 0,33 dengan kategori rendah, <g> pertemuan kedua dan ketiga sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan <g> pertemuan ketiga dan keempat sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan strategi Writing to learn untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan komunikasi siswa efektif digunakan pada pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) menerima artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi: 1. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran 2. Asesmen dan Evaluasi 3. Media Pembelajaran 4. Konsep dan Miskonsepsi 5. Filosofi Pendidikan ...