utile: Jurnal Kependidikan
Vol. 10 No. 1 (2024): utile: Jurnal Kependidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Muhammadiyah melalui Media Cerita Bergambar bagi Siswa di Amal Usaha Muhammadiyah Sukabumi

Rizqia Amalia, Arsyi (Unknown)
Nurazizah , Aulia (Unknown)
Nur Amalia , Gina (Unknown)
Thariq A, Muhammad (Unknown)
Azkiya Ainurruhama, Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian Penelitian ini dilatar belakangi kurang minatnya siswa dalam pembelajaran sejarah serta media pembelajaran yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu cerita bergambar sejarah muhammmadiyah dengan tokoh Hizwa dan Taci. Media tersebut diharapkan memudahkan siswa dan membuat tertatik dalam belajar sejarah Muhammadiyah. Metode dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini Model penelitian RnD meliputi 10 tahapan. Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivitasan produk. Subjek penelitian ini yaitu SD ‘Aisyiyah Kota Sukabumi, SD Muhamamdiyah Sukaraja dan MI Muhamamdiyah 1 Lebaksiuh. Kelayakan dan kepraktisan produk ini diuji oleh ahli materi dari tokoh Muhamamdiyah dan ‘Aisyiyah dan ahli media pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran kemuhammadiyahan dan peserta didik dengan mengguakan angket.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Utile: Jurnal Kependidikan (E-ISSN: 2599-1124) (P-ISSN: 2460-2086) adalah jurnal ilmiah berkala nasional yang menerbitkan tulisan dari hasil penelitian ataupun buah pemikiran (kajian teori) dengan fokus dalam bidang kependidikan dan pengajaran. utile: Jurnal Kependidikan diterbitkan oleh Fakultas ...