Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 2 (2024): May

Deskripsi Karakter Mahasiswa terhadap Pembelajaran Sains Kaffah

Ayub, Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter mahasiswa terhadap pembelajaran Kaffah. Indikator karakter meliputi agama, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Penelitian dilakukan pada mahasiswa kelas III E PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Data dikumpulkan melalui tes dan angket tentang karakter mereka. Tes dibuat dengan mengaplikasikan konsep sains pada karakter dan diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan. Angket karakter juga diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran Kaffah cukup efektif dalam menumbuhkan karakter mahasiswa kelas III E PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Model pembelajaran Kaffah dapat menjadi salah satu model pembelajaran bagi dosen maupun pendidik dalam melakukan proses belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...