Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 3 (2024): Agustus

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL untuk Meningkatkan KPM Fisika Siswa

Dwiyanti, Ulfa (Unknown)
Makhrus, Muh. (Unknown)
Taufik, Muhammad (Unknown)
'Ardhuha, Jannatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Riset pengembangan ini dilakukan guna menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis PBL dan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan KPM siswa yang layak, praktis, dan efektif pada materi teori kinetik gas. Jenis riset ini termasuk ke dalam Research and Development (R&D) dengan model yang dipakai yaitu 4D dengan tahapannya yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk multimedia interaktif berbasis PBL dihasilkan dalam bentuk media pembelajaran berupa aplikasi android dan web. Produk lain yang dihasilkan perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket tanggapan siswa, dan instrumen tes KPM. Kelayakan produk diukur oleh validator ahli dan praktisi, kemudian dilakukan pengkajian dengan skala Linker. Kepraktisan pembelajaran diukur dari lembar pengamatan yang dinilai guru dan angket tanggapan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Keefektifan diukur dari hasil peningkatan skor tes awal dan tes akhir pada uji coba skala terbatas yang dianalisis melalui uji N-gain. Produk hasil riset pengembangan ini memperoleh rata-rata persentase validasi sebesar 87,50%, dengan kriteria sangat valid dan rata-rata reliabilitas lebih dari 75%, sehingga produk tersebut layak digunakan. Praktikalitas produk memperoleh persentase sebesar 87,50% yang dinilai oleh guru dan 81,20% yang dinilai oleh siswa, keduanya memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil yang diperoleh dari uji N-gain untuk KPM siswa sebesar 0,66 dengan kriteria sedang yang menyatakan cukup efektif. Kesimpulannya bahwa produk yang dihasilkan layak, sangat praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan KPM fisika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...