Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2024): Oktober 2024

PENGGUNAAN VIDEO GERAMIKA DALAM MENGANALISIS UNSUR KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT PADA FASE E

Kurniawati, Nurin (Unknown)
Umaya, Nazla Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan metode pengajaran yang optimal untuk mengintegrasikan video geramika (gerak animasi teks hikayat) ke dalam pembelajaran teks hikayat pada tahap E. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan memahami pemanfaatan teknologi video geramika. Dalam pengidentifikasian unsur kebahasaan dalam teks hikayat pada fase E. Dalam konteks ini, penelitian kualitatif dapat digunakan untuk memahami bagaimana pengalaman siswa dan guru penggunaan teknologi video geramika dalam pembelajaran teks hikayat pada fase E. Prinsip dari hasil penelitian ini adalah menjelaskan teknologi terkini yang digunakan seperti video geramika dalam menganalisis teks hikayat, hal ini menunjukkan bahwa penelitian memanfaatkan kemajuan teknologi terkini untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa dapat memahami lebih dalam bagaimana unsur kebahasaan dalam teks hikayat yang tercermin pada gerakan dan ekspresi wajah para pelakunya. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami bagaimana elemen kebahasaan disajikan dan dipahami melalui media visual yaitu video geramika (gerak animasi teks hikayat) dengan bantuan aplikasi pendukung Canva dan Capcut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian ...