Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Social Skill Training (SST) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalah yang ditemukan diantaranya mahasiswa baru sulit berdaptasi, merasa tidak percaya diri, dan penurunan dalam prestasi akademik. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest-postest control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket infentori social skill inventory (SSI) menggunakan rujukan dari Ronald Reggio. Subjek penelitian adalah Mahasiswa FKIP UMTAS Angkatan 2021 yang diambil dengan teknik Sample Random Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji t paired (paired sample t-test) dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara umum keterampilan mahasiswa FKIP berada di kategori sedang dalam skor 239-302, (2) rancangan intervensi Social Skill Training (SST) di susun berdasarkan analisis kebutuhan dengan melakukan 4 kali pertemuan yang mana pada bagi menjadi 8 sesi untuk kelompok eksperimen dan untuk kelompok kontrol hanya 1 kali pertemuan, (3) layanan Social Skill Training memiliki nilai efektivitas yang berbeda dengan membandingkan rata-rata yang dimiliki setiap kelompok, Mahasiswa dengan hasil pengujian skor rata-rata 272,19 untuk kelompok eksperimen dan skor rata-rata 282,10 untuk kelompok kontrol dengan berdasarkan acuan tabel pembagian skor Gain.
Copyrights © 2023