Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan intensitas penggunaan gadget pada kelompok eksperimen dan kontrol melalui layanan informasi menggunakan media film. Metode yang digunakan True Experimental Design dengan jenis Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMA. Kelompok eksperimen berjumlah 34 dan kelompok kontrol berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket intensitas penggunaan gadget berdasarkan skala likert digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Uji hipotesis dilakukan dalam rangka mengetahui perbedaan rata-rata sampel menggunakan t-test sampel related. Hasil penelitian mendeskripsikan intensitas penggunaan gadget antara pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami penurunan pada masing- masing indikator: perhatian terhadap gadget menurun 9,49 %, penghayatan menggunakan gadget menurun 9, 82 %, durasi menggunakan gadget menurun 4,55 %, frekuensi menggunakan gadget menurun 6, 54 %. Sementara intensitas penggunaan gadget pretest dan posttest kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan pada masing- masing indikator: perhatian terhadap gadget menurun 0,11 %, penghayatan menggunakan gadget meningkat 2, 27 %, durasi menggunakan gadget menurun 1,56 %, frekuensi menggunakan gadget menurun 1,5 %. Selanjutnya perbedaan intensitas penggunaan gadget pada kelompok eksperimen dan kontrol nilai sig (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05. Terdapat pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan media film dalam menurunkan intensitas penggunaan gadget.
Copyrights © 2023