Mengajar matermatika menggunakan berbagai cara mampu mengubah cara pandang siswa apabila matematika bisa dipecahkan dengan berbagai alternatif jalan keluar. Sebelum memaparkan materi hendaknya guru melakukan persiapan serta memperkaya cara menjelaskan dalam menghadapi kesulitan siswa menangkap materi. Salah satu alternatif mengajarkan materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) juga Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) yakni memakai algorirma euclid. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di SD Inpres Jaya Makmur dihadiri oleh 17 guru, 2 dosen serta 5 mahasiswa. Tujuan pelaksanaan PKM bagi guru ialah menambah cara mengajarkan materi KPK dan FPB dengan lebih mudah; untuk dosen adalah berbagi cara baru mengajarkan materi serta bagi mahasiswa mengasah keterampilan dalam menjelaskan sebagai bekal ketika terjun ke masyarakat sebagai pendidik. Metode yang dipakai yaitu pelatihan pemakaian Algoritma Euclid untuk guru. Adapun hasil dari PKM ada 3 hal, yakni guru merasa senang karena bisa mengajarkan materi memakai cara ringkas sehingga berharap ketika mengajar siswa mampu menangkap penjelasan dengan lebih baik juga menambah alternatif perhitungan KPK serta FPB terutama bilangan besar serta teorema yang mendasarinya; bagi dosen dapat melatih komunikasi, membangun relasi dan kerja sama, tanggap terhadap permasalahan di sekitar lalu bertanggungjawab melaksanakan tugas; mahasiswa berbagi ilmu yang sudah diperoleh dari kampus, membangun kepercayaan diri juga melatih keterampilan menjelaskan.Kata kunci: Algoritma Euclid, Faktor Persekutuan Terbesar, Kelipatan Persekutuan Terkecil
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023