KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra)
Vol 8 No 1 (2024): KLAUSA Vol 8 No 1 (2024)

Pengaruh Faktor Sosial dan Budaya terhadap Pemerolehan Kalimat Bahasa Kedua Pada Anak Suku Madura, Batak, dan Jawa

Ramadhani, Moch. Fadil Amy (Unknown)
Agung, Sebastiano Bonarivo (Unknown)
Chrismantaru, Christian Nagata (Unknown)
Mintowati, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana berbagai faktor sosial dan budaya mempengaruhi cara anak-anak dari latar belakang budaya yang berbeda mempelajari dan menggunakan kalimat dalam bahasa kedua. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran interaksi sosial, nilai-nilai budaya, serta dukungan keluarga dalam proses pembelajaran bahasa kedua, serta bagaimana masing-masing faktor ini berinteraksi dan berkontribusi terhadap keberhasilan anak-anak dalam menguasai kalimat bahasa kedua. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang komprehensif, wawancara mendalam dengan anak-anak dan orang tua, serta analisis bahasa yang digunakan dalam konteks sehari-hari. Data dari jawaban wawancara memberikan wawasan tentang dinamika interaksi sosial yang terjadi di lingkungannya, termasuk bagaimana teman sebaya mendukung atau menghambat proses pembelajaran bahasa. Wawancara dengan anak-anak dan orang tua mengungkapkan pandangan pribadi dan pengalaman terkait pembelajaran bahasa kedua, serta faktor-faktor motivasional dan emosional yang terlibat. Analisis bahasa digunakan untuk mengidentifikasi pola penggunaan kalimat dalam bahasa kedua dan bagaimana pola tersebut dipengaruhi oleh konteks sosial dan budaya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami kompleksitas pemerolehan bahasa kedua di Indonesia, khususnya dalam konteks keberagaman budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

klausa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra) is a journal of linguistics, literature, and language teaching that was published for the first time in 2012 (in print) by the Faculty of Language and Arts, Universitas Ma Chung. The journal publishes research and review articles in the ...