Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 2 (2024): Edisi April

PERAN MEDIA PR: MENINGKATKAN KESADARAN NASABAH TENTANG CYBERSECURITY MELALUI FILM WEB SERIES “NURUT APA KATA MAMA

Suryasuciramdhan, Arfian (Unknown)
Putra, Dias Suminta Suria (Unknown)
Rifa'i, Anton Bahtiar (Unknown)
Kamilah, Fithrotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Layanan sektor perbankan yang berbasis internet memberikan peluang terjadinya tindak kriminalitas dengan menggunakan teknologi atau cybercrime, sehingga nasabah perlu waspada untuk berhati-hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Bank Central Asia untuk meningkatkan kesadaran nasabah terhadap mobile banking fraud. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka yang bersumber dari web series "Nurut Apa Kata Mama Episode 2" yang dipublikasikan di media sosial YouTube Solusi BCA. Hasil dari penelitian ini berupa peningkatan kesadaran nasabah BCA terhadap pesan asing yang mengatas namakan pihak bank, sehingga nasabah menjadi lebih berhati-hati lagi. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskripstif dengan pendekatan studi litelatur, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan cara pengamatan langsung pada data yang tersedia melalui akun YouTube Solusi BCA dan studi litelatur lainnya, tanpa melakukan wawancara. Subjek di dalam penelitian ini mengacu pada web series “Nurut Apa Kata Mama, Episode 2: Undian Kulkas 5 Pintu” di kanal YouTube Solusi BCA. Hasil dari penelitian ini adalah hal-hal penting yang diperhatikan oleh Bank Central Asia dalam menjalankan proses strategi komunikasi agar nasabah dapat menerima pesan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...