Permasalahan menurunnya nilai karakter yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini merupakan suatu anomali yang patut untuk secepatnya diatasi. Hal ini antara lain hilangnya ketundukan dan rasa hormat terhadap guru, kurang disiplin, dan menurunnya kejujuran siswa. Oleh karena itu, diharapkan suatu program dapat membentuk dan mendidik kepribadian (karakter) peserta didik, misalnya melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah dasar. Penelitian ini juga memiliki tujuan yakni untuk mengetahui pengamalan kelima nilai PPK di sekolah dasar. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subyek eksplorasinya adalah peserta didik UPTD SDN Banyuajuh 02 Kamal. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pemeriksaan informasi meliputi pengumpulan informasi, reduksi informasi, penyajian informasi, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penilaian menunjukkan telah terjadi eksekusi terhadap lima nilai PPK di UPTD SDN Banyuajuh 02 Kamal. Hal ini mencakup pengamalan nilai religius melalui kegiatan rutin berdoa secara teratur sebelum memulai pembelajaran dan setelah memulai pembelajaran, mengadakan infaq setiap hari jumat, dan merayakan hari besar islam. Pengamalan penerapan nilai-nilai nasionalis melalui kegiatan upacara setiap hari Senin dan perayaan hari-hari nasional lainnya. pengamalan penerapan nilai gotong royong melalui kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah. pengamalan penerapan integrasi melalui kejujuran peserta didik, serta menerapkan nilai kebebasan dengan membiasakan diri mengikuti ujian tanpa menyontek.
Copyrights © 2023