JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 17, No 2 (2024): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 17 Nomor 2 Agustus

Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Junaedi, Yusup (Universitas La Tansa Mashiro)
Anwar, Syharul (Universitas La Tansa Mashiro)
Hilmi, Yugi (Universitas Cipasung Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar digital augmented reality berbasis Ethno–RME kebudayaan suku baduy dalam optimasi kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas XI SMPN 1 Bojongmanik yang telah memperoleh materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif pada materi bangun ruang sisi datar. Nilai rata-rata dari ahli media sebesar 90,3% sedangkan nilai dari respon subjek penelitian sebesar 86,59% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat diaplikasikan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang sisi datar.Kata kunci: Bahan Ajar Digital; Augmented Reality; Ethno-RME; Literasi Matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...