Menghadapi DU/DI dan kurikulum SMK yang telah diuraikan, SMKN 1 Rangkasbitung berupaya meningkatkan kualitas SMK untuk menghasilkan lulusan yang lebih siap dalam DU/DI melalui program SMK Pusat Keunggulan (PK). Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum SMK PK Program Keahlian Teknik Elektro di SMK Negeri 1 Rangkasbitung. Penelitian dilaksanakan menggunakan kerangka kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data dilakukan dengan pengujian tahapan implementasis sesuai proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan diawali dengan tahap pembentukan tim KOS Pendidikan yang selanjutnya mendelegasikan beberapa guru untuk mengikuti pelatihan khusus. Pengorganisasian penyusunan Implementasi Manajemen Kurikulum SMK melibatkan sejumlah pihak seperti kepala sekolah, komite sekolah, ketua program keahlian, guru, dan DU/DI. Selanjutnya pada pelaksanaan manajemen kurikulum meliputi aktivitas penyusunan perangkat ajar, proses pembelajaran dan asesmen, capaian pembelajaran, serta pelaksanaan PKL. Terakhir, evaluasi dilakukan yang mencakup (1) kesiapan perangkat pembelajaran, (2) proses pembelajaran yang mencakup ujian harian, tugas, ujian tengah semester, ujian akhir semester, praktik kerja lapangan, serta uji kompetensi keahlian (Du/Di/LSP); (3) persepsi peserta didik terhadap proses belajar; (4) peran IDUKA dalam implementasi kurikulum; dan (5) pandangan orang tua siswa mengenai perkembangan anaknya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024