Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 11, No 2 (2024): Agustus

Meningkatkan Keterampilan Penguasaan Microsoft Word Peserta Didik Tunanetra Dengan Media Tutorial Audio

Muliani, Tutik (Unknown)
Murtadlo, Murtadlo (Unknown)
Widajati, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. tanpa terkecuali disabilitas. dalam perjalannya, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang krusial yang dapat memaksimalkan potensi mereka. Metode dalam penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dirancang dalam 4 tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan revleksi yang dilakukan dalam 2 siklus yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik tunanetra SLB-A YPAB, Tegalsari, kota surabaya, dengan kriteria telah mengenal computer namun masih belum bisa mengetik secara optimal serta dalam rentang usia dan kelas yang sama. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan tiap siklus yang dilakukan (siklus I dengan siklus II) dengan kriteria ketuntasan yang telah di tetapkan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini dirancang untuk mengumpulkan data tentang aktifitas peserta didik dalam mengetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari yang pada siklus I sebesar 60,2% menjadi 85,6% pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...