KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 7, No 3 (2024): Agustus

Sosialisasi dan pelatihan pendekatan interdisipliner pada pembelajaran IPAS di pendidikan dasar

Anggrella, Dita Purwinda (Unknown)
Rahmasiwi, Amining (Unknown)
Suyatman, Suyatman (Unknown)
Sudrajat, Ahmad Kamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menigkatkan pemahaman dan praktik pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dalam pembelajaran IPAS di pendidikan dasar. Metode Model Latihan Partisipatif digunakan untuk melatih guru IPAS dalam mengintegrasikan konsep STEAM ke dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini melibatkan sejumlah guru pendidikan dasar di SDIT Amanah Klaten yang menerima sosialisasi dan pelatihan selama satu minggu. Hasil analisisi kebutuhan menunjukkan faktor yang mempengaruhi guru kesulitan dalam mengimpelentasikan STEAM yaitu: 1) pengalaman dalam mengimpelentasikan STEAM; 2) pengalaman mengajar; 3) kurangnya sarana dan prasarana; 4) dan kurangnya pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPAS. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya sosialisasi dan pelatihan untuk mendukung penerapan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di tingkat pendidikan dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KACANEGARA

Publisher

Subject

Education

Description

KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Adisutjpto merupakan jurnal pengabdian pada masyarakat yang digunakan untuk mempublikasikan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Kacanegara terbit setiap bulan Januari dan Juli ini memiliki ISSN Cetak dengan nomor ...