Kode : Jurnal Bahasa
Vol 13, No 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024

Membaca Permulaan Dengan Metode SAS Berbantuan Media KOKABAJA (Kotak Kata Baca Eja)

Gusti, Restu Retnaning (Unknown)
Mardiana, Tria (Unknown)
Hajron, Kun Hisnan (Unknown)
Sumarni, Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode SAS berbantuan media KOKABAJA. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas I yang berjumlah 28 peserta didik. Dalam penelitian terdapat 2 siklus, setiap siklus memiliki 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media KOKABAJA pada siklus I kemampuan membaca permulaan setelah menerapkan metode pembelajaran SAS diperoleh hasil hanya 15 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan dasar yaitu jika dipersentasikan sebesar 53,57%. Pada siklus II terdapat 24 peserta didik dengan presentase 85,71% yang telah mencapai batas tuntas dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS berbantuan media KOKABAJA behasil digunakan dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...