IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education
Vol 3 No 2 (2023): IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education

Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP

Natalya, Lindya (Unknown)
Citra, Desy Eka (Unknown)
Kosi'in, Kosi'in (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mempelajari tentang penggunaan Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka di sekolah pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data meliputi mengamati, berbicara, dan mencatat segala sesuatu yang terjadi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru IPS kelas VII SMP (Kelas VII.2 dan kelas VII.VII). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Penilaian Formatif Kurikulum Mandiri belum berhasil karena beberapa komponen tidak digunakan oleh guru. Komponen-komponen ini meliputi: penggunaan praktik teknik penilaian kinerja, produk, proyek, dan portofolio; dokumentasi hasil; penggunaan instrumen; dan penggunaan hasil belajar; jurnal refleksi; dan rubrik; catatan anekdot; dan daftar periksa. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Assessment Formatif Kurikulum Mandiri belum terlaksana dengan baik dan penerapan bentuk teknik assessment masih memiliki banyak kekurangan. Kata Kunci: Formatif dan Sumatif, Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran IPS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOCE

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education is published by research institute of mathematics, computer, nursering, education and economics (IPM2KPE) as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest and fully attention on civic ...