IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education
Vol 3 No 2 (2023): IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education

Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan

Dewi, Anita Candra (Unknown)
Ramadhan, Bayin (Unknown)
Fadhil, A. Ahmad (Unknown)
Fadhil, Firqah (Unknown)
Idris, Andi Mufidah (Unknown)
Hidayat, Muh. Raifadhil (Unknown)
Yusrin, M. Aqila Dzakwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan moral dan etika mengukir karakter unggul dalam pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya pendidikan moral dan etika dalam pendidikan kontemporer ditunjukkan oleh faktor-faktor seperti mengajarkan prinsip-prinsip moral, mengembangkan sikap yang adil dan jujur, dan memfasilitasi pemikiran etis di antara siswa. Pendidik dan lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam proses ini dengan membantu siswa menavigasi situasi yang menantang secara moral. Tujuan pendidikan moral dan etika adalah untuk membantu siswa mencapai potensi mereka dalam semua aspek kehidupan, termasuk aspek intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Simpulan penelitian ini bahwa pendidikan moral dan etika sangat penting untuk mengembangkan karakter yang baik pada siswa untuk membantu siswa menangani situasi moral yang kompleks dan membuat keputusan yang baik ke dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral dan Etika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOCE

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education is published by research institute of mathematics, computer, nursering, education and economics (IPM2KPE) as the information and communication media for practitioners, researchers and academics who engaged, put interest and fully attention on civic ...