ejurnal imedtech
Vol 8, No 1: JUNI 2024

INOVASI BELAJAR KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6 DAN 7 SDI KOLOKOA KECAMATAN JEREBUU KABUPATEN NGADA: APA DAN BAGAIMANA?

Oka, Gde Putu Arya (Unknown)
Juita, Angelina Kurnia (Unknown)
Toyo, Maria Irmina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mengambarkan dan menyajikan serta mengeksplorasi temuan fakta-fakta apa saja yang yang terjadi dilapangan dan bagaimana itu terjadi dengan mengkaji dan menganalisis kualitas laporan kampus mengajar mahasiswa STKIP Citra Bakti angkatan 6 dan 7 serta ragam partisipasi dosen pendamping lapangan (DPL). Sampai saat ini sudah bergulir program kampus mengajar angkatan ke-7 dan masyarakat umum belum  banyak yang mengetahui apa dan bagaimana kampus mengajar tersebut. Mereka yang tahu dan paham hanya terbatas pada  penggagas program, tim monitoring pusat, perguruan tinggi yang mengikuti program, sekolah sasaran, DPL dan mahasiswa. Masyarakat hanya tahu  mendengar sebatas nama program. Oleh karena itu penelitian ini mengekplorasi dengan premis dasar fakta apa saja yang terjadi dan bagaiman itu terjadi. Hal ini didasari bahwa problematika dan gambaranya belum diketahui secara jelas, oleh karenanya penelitian ini penting untuk dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dengan instrumen daftar pertanyaan dan metode analisis dokumen dari laporan mahasiswa STKIP Citra Bakti yang telah melaksanakan Kampus Mengajar angkatan 6 dan 7. Metode lainnya adalah menganalisis foto dan lampiran yang tersaji dalam laporan serta audio hasil wawancara dengan mahasiswa serta DPL. Analisis data dalam penelitian menggunakan deskriptif kualitatif bertujuan untuk memahami makna dan interpretasi data yang telah dikumpulkan oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan analisis data Miles dan Huberman, tematik dan analisis interaksi simbolik. Adapun hasilnya adalah program kampus mengajar dipahami program yang bermanfaat bagi sekolah. Kendati dirasakan manfaatnya, program ini masih baru,tampak asing dan belum dipahami dengan benar oleh sekolah.Sekolah masih bingung dengan batasan-batasan program kampus mengajar yang dilaksanakan diselolah mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imedtech

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

ejurnal Imedtech fokus pada Instructional Media, Design dan Instructional Technology. Body of Knowledge instructional technology atau teknologi pembelajaran menjadi ruang lingkup dari jurnal ini. Adapun ruang lingkupnya adalah sebagai berikut: Artikel terkait dengan desain sistem pembelajaran, ...