Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 6 No 01 (2023): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG

Agung M (Unknown)
Sofiyan (Unknown)
Rizki A (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah matematis yang melibatkan pengetahuan matematika, penalaran matematika, dan pembuktian matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran berbasis kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis kasus lebih baik daripada kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dan jenis desain yang digunakan ialah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang tahun ajaran 2023/2024 yaitu 6 kelas dengan jumlah keseluruhan yaitu 214 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam menggunakan Purpossive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dengan jumlah 36 siswa dan siswa kelas X-3 dengan jumlah 36 siswa. Hasil yang diperoleh Pada uji Independent Sample T Test dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 25 data N-Gain, sehingga nilai sig (2- tailed) yaitu 0,000. Disebabkan uji yang digunakan oleh peneliti adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka nilai P-value. Diketahui bahwa 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas setelah mengalami pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis kasus lebih baik daripada kelas kontrol setelah mengalami pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...