Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada anak disabilitas intelektual ringan dikelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatkan kemampuan mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual kelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 4 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument test. Dilihat dari hasil kemampuan siswa dari awal yang hanya mendapatkan nilai M 50%, K 46%, F 43%, dan B 53%, kemudian hasil akhir yang didapatkan masing-masing anak pada siklus 1 adalah M 75% K 58,33%, F 66,67%, B 58,33%, sedangkan hasil yang didapatkan pada akhir siklus II adalah M 100%, K 91,67%, F 91,67%, B 91,67%. Maka dapat disimpulkan bahwa mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual kelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara terjadi peningkatan dengan baik sehingga media geoboard ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk anak disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara
Copyrights © 2024