E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Meningkatkan Kemandirian Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Menggunakan Media Tutorial

Samudhra, Muhammad Wira (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Tunagrahita di SLB Negeri 1 Binjai, dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait tentang kemandirian menggosok gigi. Subjek penelitian terdiri dari dua orang anak tunagrahita yang berinisial C dan RP. Hasil dari pengamatan yang penulis lakukan terlihat dalam pembelajaran program khusus pada kurikulum merdeka dengan elemen merawat diri pada fase A dengan tujuan pembelajaran anak mampu menggosok gigi. Terlihat anak menunjukkan kurang mampu dalam menggosok gigi yang dilakukan dengan sendiri. Berdasarkan hasil asesmen kemampuan awal didapatkan interpretasi hasil analisis tugas anak tunagrahita ringan dalam menggosok gigi, C memperoleh nilai 37% dan RP memperoleh nilai 45%. Sehubungan dengan permasalahan diatas peneliti tertarik membantu anak tunagrahita dalam meningkatkan kemandirian menggosok gigi dengan menggunakan media berbasis digital seperti video tutorial. Peneliti ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan sistem desain siklus yang di dalamnya terdapat komponen perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian siklus I dilaksanakan dengan empat kali pertemuan, nilai yang diperoleh setiap peserta didik pada pertemuan keempat yaitu C 65% dan RP 62,5% Penulis Bersama kolaborator menyimpulkan bahwa pada kegiatan pelaksanaan tindakan siklus I belum semua peserta didik mendapatkan hasil yang optimal maka dari itu pelaksanaan Tindakan penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil pengukuran kemampuan setiap peserta didik pada pertemuan keempat siklus II yaitu C 92,5% dan RP 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita dalam menggosok gigi, dengan tujuan mencapai nilai yang optimal dan memuaskan seperti yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...