E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Efektivitas Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Vokasional Menyortir Buah Strawberry Pada Anak Tunagrahita Ringan

Rabbaniyah, Rabiatun (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)
Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam menyortir buah strawbery. Penyortiran buah strawberry merupakan bagian dari pembelajaran vokasional pasca panen budidaya tanaman hortikultura. Pengembangan kemampuan untuk mampu menyortir buah strawberry sesuai kualifikasinya dapat menjadi bekal kemampuanĀ  anak untuk terjun kedunia kerja dimasa depan. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen satu subjek atau studi satu subjek (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction, hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dari trend yang stabil pada level A1 rata-rata 20%, kemudian mengalami peningkatan pada level intervensi (B) dimana level kemampuannya terus meningkat dari 40% sampai 90%. setelah mendapatkan intervensi pada kondisi (A2) kemampuan anak stabil di 90%. Sehingga dapat disimpulkan model direct instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan vokasional menyortir buah strawberry dengan menunjukkan hasil yang terus meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...