E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Secil pada Siswa Tunagrahita Ringan

Ramadhani, Jihan (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak tunagrahita ringan kelas I di SLBN Sungai Bahar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi game Secil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek dua siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes di mana anak diminta menyebutkan, menunjukkan, dan membedakan huruf abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, FD memperoleh skor 61,53% dan IM 57,69%.setelah intervensi lebih lanjut pada siklus II, skor meningkat menjadi 88,46% untuk FD dan 84,61% untuk IM . Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi game secil secara signifikan meningkat kemampuan mengenal huruf abjad pada anak tunagrahita ringan kelas I di SLBN Sungai Bahar. Oleh karena itu, game secil sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak tunagrahita ringan di sekolah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...