Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran Sejarah Indoensia Kelas XI IPS di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, 2) Mengetahui perbedaan minat belajar siswa kelas yang memanfaatkan media film dokumenter dengan kelas yang tidak memanfaatkan media film dokumenter, 3) Mengetahui adanya peningkatan minat belajar siswa setelah adanya pemanfaatan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarahPenelitian ini merupakan penelitian denganjenis kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelasXI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent test-t dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS cukup berjalan dengan lancar. Media pembelajaran yangdigunakan oleh guru sejarah dalam mengajar hanya menggunakan buku LKS.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat skor 78,94 lebih tinggi daripada kelas kontrol 66,89. Hasil dari analisis dengan uji independentntest-t menunjukkan skor dari signifikansi sebesar 0,000 0,05 serta nilai ????ℎ???????????????????? ???????????????????? yaitu 10,837 1,688 maka ???????? diterima dan ???????? ditolak yang artinya ada peningkatan minat belajar siswa karena pemanfaatan media film dokumenter.Jadi dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter dapat meningkatkanminat belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah. Saran untuk penelitian ini yaitu agar guru dapat lebih mengeksplor penggunaan media film dokumenter sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.
Copyrights © 2024