Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  gambaran hasil belajar pada mata kuliah motor otomotif, kemampuan mendiagnosa kerusakan sepeda motor serta melihat kontribusi hasil belajar pada mata kuliah motor otomotif terhadap kemampuan mendiagnosa kerusakan sepeda motor mahasiswa jurusan PTO FT UNM. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan PTO  FT UNM yang sudah melewati semester  IV yang berjumlah  152 orang. Sampel ditarik secara random proporsional sebesar 110 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan  adalah  dokumentasi dan tes diagnosa kerusakan sepeda motor yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1)  hasil belajar mahasiswa jurusan PTO FT UNM pada mata kuliah Motor Otomotif  termasuk kategori tinggi, (2) kemampuan mendiagnosa  kerusakan sepeda motor mahasiswa jurusan PTO FT UNM termasuk kategori cukup tinggi, (3) ada hubungan yang positif dan sangat kuat sebesar r = 0, 821 antara hasil belajar pada mata kuliah Motor Otomotif  dengan kemampuan mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor mahasiswa PTO FT UNM  dan (4) kontribusi  hasil belajar pada mata kuliah  Motor Otomotif  terhadap  kemampuan mendiagnosa kerusakan pada sepeda motor mahasiswa PTO FT UNM  sebesar 67,3%  Kata Kunci: Motor otomotif, Diagnosa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023