Abstrak. Mendeteksi gaya belajar siswa sangat penting dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya belajar peserta didik pada pembelajaran biologi di SMAN Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen gaya belajar berupa angket yang terdiri dari 36 pernyataan. Angket yang digunakan telah dinyatakan valid oleh ahli. Partisipan yang terlibat adalah 191 siswa di Kota Makassar yang diwakili oleh SMAN 9, SMAN 12, dan SMAN 14 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan gaya belajar siswa di Kota Makassar adalah gaya belajar visual, auditori, kinestetik dan kombinasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemilihan strategi pembelajaran dapat menentukan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: auditori, gaya belajar, kinestetik, siswa, dan visual
Copyrights © 2023