Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 11

Concept Learning dalam Pembelajaran Wortschatz Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar

Usman, Misnawaty (Unknown)
Saleh, Nurming (Unknown)
Mannahali, Misnah (Unknown)
Adys, Himala Praptami (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan Concept Learning dalam pembelajaran kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Data dan informasi tersebut penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman khususnya dalam usaha peningkatan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dengan jumlah keseluruhan kelas sebanyak 2 kelas dan jumlah mahasiswa sebanyak 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Untuk menentukan kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian, peneliti melakukan pengundian. Dari keseluruhan populasi yang ada, diambil 2 kelas secara acak untuk dijadikan sampel. Dari hasil pemilihan secara acak terpilih kelas A terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B terdiri atas 23 mahasiswa sebagai kelas kontrol.Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,473 > ttabel 0,685) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa terima H1 jika thitung lebih besar dari ttabel dan terima H0  jika thitung lebih kecil dari ttabel..  H0 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning tidak efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman ditolak, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685, sehingga H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman  diterima. Konsekuensi dari penolakan  H0, maka H1 dalam penelitian ini yang berbunyi penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman diterima, karena thitung 1,473 > ttabel 0,685. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Dengan diterimanya H1 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  pembelajaran Concept Learning efektif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman (Wortshatz) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Kata Kunci: Concept Learning, Wortschatz, Bahasa Jerman

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...