Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 2

Menggali Kearifan Ki Hajar Dewantara: Relevansi Pemikiran dalam Transformasi Pendidikan Abad-21

Tampa, Alimuddin (Unknown)
Ja’faruddin, Ja’faruddin (Unknown)
Firdaus, Andi Mulawakkan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Abstrak. Ki Hajar Dewantara (KHD), yang juga dikenal sebagai Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang lahir pada tahun 1889. Ia dihormati sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia. Berkat kontribusinya yang signifikan dalam dunia pendidikan Indonesia, KHD diakui sebagai bapak pendidikan nasional. Pemikiran-pemikirannya dalam bidang pendidikan telah menjadi landasan dalam merumuskan tujuan pendidikan nasional dan kurikulum, terutama konsep kurikulum merdeka. Filosofi pendidikan KHD sarat dengan makna. Pertanyaan kunci adalah, "Sejauh mana pemikiran KHD masih relevan dalam menghadapi transformasi pendidikan di Abad-21?" Makalah ini adalah sebuah analisis literatur yang bertujuan untuk menjelaskan relevansi pemikiran KHD dalam konteks transformasi pendidikan Abad-21. Dalam makalah ini, kami akan merinci konsep-konsep penting seperti kecakapan Abad-21, karakteristik peserta didik Abad-21, konteks sejarah KHD, serta relevansi pemikiran KHD dengan transformasi pendidikan Abad-21. Kata Kunci: Ki Hajar Dewantara (KHD), Abad-21, Pendidikan, Pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...